Agil, Kaswara and Rieke, Alyusfitri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 18 AIR TAWAR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT AGIL KASWARA 21-164.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar sebagian besar siswa yang tidak mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) dikelas V SDN 18 Air Tawar Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 50 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu secara acak. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka didapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, tes yang digunakan yaitu tes berupa pilihan ganda. Hasil akhir pada hasil belajar matematika siswa menunjukan rata-rata hasil belajar siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen yaitu 84,12 dan pada kelas VA sebagai kelas kontrol yaitu 73,44. Pengujian hipotesis dengan independent t test diperoleh nilai signifikasi < 0,05 dengan taraf signifikasi 0,001 yang artinya, terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan. Dengan demikian model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match diharapkan digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:22 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:22 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |