UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING KELAS VI SDN 15 ULU GADUT KOTA PADANG

Mutia, Sri Yunanda and Siska, Angreni and Gusmaweti, Gusmaweti (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING KELAS VI SDN 15 ULU GADUT KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover, Halaman Pengesahan, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, Bab Pendahuluan. pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. Bab Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
iii. Fullteks Skripsi..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 27 orang dengan fokus pada peningkatan pemahaman konsep IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan lembar observasi yang diberikan kepada guru, diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan, dengan skor dari siklus I sebesar 75% dan meningkat menjadi 91% pada siklus II. Sementara itu, hasil tes siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 78,00 dengan ketuntasan belajar 63% , dan meningkat menjadi 88,67 dengan ketuntasan belajar 96% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN 15 Ulu Gadut. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru lebih sering menggunakan model inkuiri terbimbing sebagai alternatif medel pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta melakukan pelatihan terkait teknik mengelola pembelajaran berbasis inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:34
Last Modified: 25 Mar 2025 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item