PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTUAL ANALITIK SINTETIK) SISWA KELAS 1 SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG

Monica, Satria and Risa, Yulisna (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SAS (STRUKTUAL ANALITIK SINTETIK) SISWA KELAS 1 SD ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Kover, Halaman Pengesahan, Halaman Persetujuan, Abstrak, Daftar isi, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. Kesimpulan, Saran, Dan Rujukan.pdf

Download (255kB)
[img] Text
iii. FULTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I dikarenakan terdapat beberapa siswa yang belum mengenal huruf dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) siswa kelas 1 SD Islam Khaira Ummah. Jenis penelitian ini penulis menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan menyusun, melaksanakan, mengamati dan merefleksi tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisipasi yang bertujuan untuk memperbaiki, meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas.Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan presentase 79% termasuk kategor baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase 87% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 71 dengan presentase 46% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 82,34 dengan presentase 81%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan agar guru dapat menerapkan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:51
Last Modified: 25 Mar 2025 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item