Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V SDN 008/XI Kota Sungai Penuh

Violla, Devana and Ira Rahmayuni, Jusar (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V SDN 008/XI Kota Sungai Penuh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN,DAFTAR ISI,PGSD, VIOLLA DEVANA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fullset Skripsi Violla 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa kelas V SD Negeri 008/XI Kota Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 008/XI Kota Sungai Penuh. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design”. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas V SD Negeri 008/XI Kota Sungai Penuh dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling, dari hasil sampelyang telah dilakukan didapatkan hasil kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, berupas pertanyaan soal essay. Tes yang didapatkan berupa kemampuan pemecahan masalah yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk soal essay. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 71,83 untuk kelas eksperimen dan 55 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh. Thitung 3.489 dan ttabel 2,228 ini artinya thitung> ttabel. Maka dapat disimpulkan penggunaan Model Problem Based Learning berbantuan Question Card Berpengaruh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V SDN 008/XI Kota Sungai Penuh Tahun Ajaran 2025/2026. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan agar Model Problem Based Learning berbantuan Question Card dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar. Kata Kunci : Problem Based Learning,Question Card, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:05
Last Modified: 25 Mar 2025 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25699

Actions (login required)

View Item View Item