ANALISIS MODUL AJAR CALON GURU BERDASARKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD)

Alsyifa, Nauli and syukma, netti (2025) ANALISIS MODUL AJAR CALON GURU BERDASARKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UBD). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (78kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kualitas pembelajaran. Sementara kualitas pembelajaran sangat bergantung pada kualitas perencanaan pembelajaran atau kualitas modul ajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesesuaian modul ajar yang dirancang calon guru dengan pendekatan Understanding by Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PPG calon guru bidang studi PGSD gelombang 2 tahun 2024/2025 Universitas Bung Hatta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesenjangan dalam kualitas modul ajar berdasarkan pendekatan Understanding by Design. Hal ini terlihat dari beberapa calon guru khususnya kelompok rendah kurang sesuai dengan pendekatan Understanding by Design sebanyak 7 orang, kelompok sedang cukup sesuai dengan pendekatan Understanding by Design sebanyak 21 orang dan kelompok tinggi sesuai dengan pendekatan Understanding by Design sebanyak 5 orang. Maka dapat disimpulkan modul ajar yang dirancang oleh mahasiswa PPG calon guru bidang studi PGSD belum sepenuhnya sesuai dengan pendekatan Understanding by Design Ketidaksesuain ini sering ditemukan dalam merancang assesmen pembelajaran dan langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:15
Last Modified: 25 Mar 2025 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25715

Actions (login required)

View Item View Item