PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 06 KAMPUNG LAPAI PADANG

Nia, Desi Safitri and Dr. Yetty, Morelent, M.Hum (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 06 KAMPUNG LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (271kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan membaca permulaan kelas II SDN 06 Kampung Lapai Padang. Penelitian ini menggunakan teori model Teams Games Tournament yang dikemukakan oleh Slavin (1995), kemampuan membaca permulaan yang dikemukakan oleh Muammar (2020). Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design (desain pretest-posttest control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IIA dan IIB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas IIA dengan menerapkan model pembelajaran TGT dan kelas kontrol yaitu kelas IIB yang diteapkan model pembelajaran konvensional. Sebelum perlakuan, kedua kelompok diberikan tes awal (pretest). Setelah perlakuan, kedua kelompok diberikan tes akhir (posttest) yang berbentuk tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan. Rata-rata skor tes posttest pada kelompok eksperimen yang menggunakan model TGT lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional 83,50 > 72,14. Berdasarkan uji statistik yang dilakukan menggunakan uji t, diperoleh nilai 0,02 < 0,05, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan kelas II SDN 06 Kampung Lapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran TGT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:09
Last Modified: 25 Mar 2025 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25730

Actions (login required)

View Item View Item