PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 10 SURAU GADANG

Fenta, Mayasari and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 10 SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 Cover.pdf

Download (80kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
26 FENTA MAYASARI 1510013411112 Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada materi sifat-sifat benda untuk siswa kelas III SD Negeri 10 Surau Gadang. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model procedural yang menggunakan 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validator angket terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru SD. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas III SD Negeri 10 Surau Gadang. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada materi sifat-sifat benda untuk siswa kelas III SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata 93,11% baik dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian maupun kegrafikan. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 93,12% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 94,80%. Hal ini menunjukkan bahwa modul dengan pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran sifat-sifat benda yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III SD. Kata Kunci : Modul, Konstruktivisme, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:09
Last Modified: 26 Jan 2021 08:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item