PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 09 AIRPURA PESISIR SELATAN

Devika, Sri Yunda and Syofiani, Syofiani and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 09 AIRPURA PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
29 DEVIKA SRI YUNDA 1510013411136 Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pantun anak untuk siswa kelas IV SD Negeri 09 Airpura Pesisir Selatan yang valid dan praktis. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Subana (2009) tentang belajar, pendapat Daryanto (2013) tentang modul dan pendapat Jhonson (2007) tentang pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian Pengembangan). Modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester genap Tahun Ajaran 2018 / 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas IV A SDN 09 Airpura untuk mengetahui praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada materi pantun anak untuk siswa kelas IV SD ini berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata persentase kepraktisan 91,31 oleh siswa. Hasil validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 96,87 yang termasuk ke dalam kategori sangat valid dan dari uji nilai praktikalitas dari guru sebesar 100 yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : modul bahasa Indonesia, pendekatan contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:22
Last Modified: 26 Jan 2021 08:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item View Item