PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS III SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Gebi, Wijaya and M., Tamrin (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS III SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (748kB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (92kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 04 Kampung Olo Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas siswa kelas III-A dan III-B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling tertentu, di mana kelas III-A ditetapkan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas III-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur pemahaman siswa. Pada penelitian ini didapatkan nilai akhir dengan rata-rata 90,39 di kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan 86,17 di kelas III-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test) dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data menggunakan t-test, diperoleh nilai t-hitung sebesar 2,184 dan ttabel sebesar 1,673 (thitung>ttabel). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III-A dan III-B. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan video interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2025 02:22
Last Modified: 26 Mar 2025 02:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25909

Actions (login required)

View Item View Item