Mayvi, Reza Putri (2025) PENGEMBANGAN LKPD MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNIG DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
cover, halaman pengesahan, dll.pdf Download (910kB) |
![]() |
Text
BAB kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
skripsi Mayvi Reza Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang valid dan praktis pada materi keberagaman budaya pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas IV-A SDN 54 Anak Air. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate yang dibatasi 3-D. pada penelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap develop yakni sampai pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD di validasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada satu orang pendidik dan 21 peserta didik, berdasarkan LKPD yang telah dikembangkan, validasi LKPD yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase nilai sebesar 85% dengan kriteria valid, dari aspek desain diperoleh persentase nilai sebesar 87,5% dengan kriteria valid, dan dari aspek bahasa diperoleh nilai 100% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas LKPD menggunakan model Problem Based Learning pada materi keberagaman budaya memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90,83%. Uji praktikalitas oleh guru diperoleh persentase nilai 96,87% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas siswa diperoleh nilai dengan persentase 90,17% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD menggunakan model Problem Based Learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila khususnya bagi peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci: LKPD, Problem based Learning, Pendidikan Pancasila, Keberagaman Budaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 05:22 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 05:22 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |