Ade, Prabowo and Yusrizal, Yusrizal and Muhammad, Sahnan (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 Abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
|
Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas pengembangan modul pembelajaran PKn dengan pendekatankontekstualpadaorganisasidilingkungansekolahdanmasyarakatuntuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKndengan pendekatankontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V-A SDN 34 Air Pacah untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKndengan pendekatankontekstual pada materi organisasidilingkungansekolahdanmasyarakat untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 84,51%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 84,7%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 89,64%. Pada modul pembelajaran PKndengan pendekatankontekstual inidiperoleh nilai validasi dari validator sebesar 84,51%.MakadisimpulkanmodulpembelajaranPKnberbasiskontekstualdikategorik an valid danpraktisuntukdigunakankelas V dalampelaksanaanpembelajaran di SD. Kata Kunci : Modul PKn, berbasiskontekstual, valid, praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 02:53 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 02:53 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2605 |
Actions (login required)
View Item |