PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SDN 34 AIR PACAH PADANG

Ade, Prabowo and Yusrizal, Yusrizal and Muhammad, Sahnan (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 Abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
115 ADE PRABOWO 1510013411151 Daftar Pustaka.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas pengembangan modul pembelajaran PKn dengan pendekatankontekstualpadaorganisasidilingkungansekolahdanmasyarakatuntuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKndengan pendekatankontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V-A SDN 34 Air Pacah untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKndengan pendekatankontekstual pada materi organisasidilingkungansekolahdanmasyarakat untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 84,51%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 84,7%, juga dikategorikan praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 89,64%. Pada modul pembelajaran PKndengan pendekatankontekstual inidiperoleh nilai validasi dari validator sebesar 84,51%.MakadisimpulkanmodulpembelajaranPKnberbasiskontekstualdikategorik an valid danpraktisuntukdigunakankelas V dalampelaksanaanpembelajaran di SD. Kata Kunci : Modul PKn, berbasiskontekstual, valid, praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Jan 2021 02:53
Last Modified: 28 Jan 2021 02:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item