Rahmaliza, Mardian and Hendra, Hidayat and Arlina, Yuza (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N 13 LOHONG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 Cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 Abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
||
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
|
Text
111 RAHMALIZA MARDIAN 1510013411145 Daftar Pustaka.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis metode inkuiri pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis . Jenis penelitian ini adalah research and development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis metode inkuiri ini dihasilkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dihasilkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 13 Lohong Pariaman untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis metode inkuiri yang dikembangkan pada materi sifat-sifat cahaya untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dari aspek kelayakan isi 84,72% aspek bahasa dan keterbacaan 82,5% aspek penyajian 82,5% dan aspek kegrafikan 97,92% dengan rata-rata persentase kevalidan 86,91%, dan sangat praktis oleh guru dengan ratarata persentase kepraktisan 90,11%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 94,30%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa modul pembelajaran berbasis metode inkuiri dalam pembelajaran IPA sudah valid dan praktis serta dapat digunakan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Kata Kunci : modul berbasis metode inkuiri pembelajaran IPA, valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 07:16 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 07:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2613 |
Actions (login required)
View Item |