PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 27 SUNGAI SAPIH KECAMATAN KURANJI PADANG

Safira, Oktavia Utami and Muhammad, Sahnan and Hidayati, Azkiya (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 27 SUNGAI SAPIH KECAMATAN KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
107 SAFIRA OKTAVIA UTAMI 1510013411135 Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN 27 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Index Card Match dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 27 Sungai Sapih Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III-A sebanyak 24 orang siswa dan siswa kelas III-B sebanyak 25 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol kelas eksperimen nilai rata-rata 79,84 dan kelas kontrol nilai ratarata 70,2. Secara uji statistik harga t-hitung > t-tabel (2,39>2,013) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas III SDN 27 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang. Dengan demikian model pembelajaran Index Card Match diharapkan dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS. Kata kunci : index card match, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:55
Last Modified: 29 Jan 2021 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item