PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF KELAS III SD N 11 LUBUK JANTAN KABUPATEN TANAH DATAR

Annisa, Tulfitri and Muhammad, Sahnan and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN INDUKTIF KELAS III SD N 11 LUBUK JANTAN KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 Cover.pdf

Download (122kB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 Abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
106 ANNISA TULFITRI 1510013411134 Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan induktif pada siswa kelas III SD N 11 Lubuk Jantan Kabupaten Tanah Datar dengan materi jenis-jenis pekerjaan yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah research dan development(penelitian pengembangan). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan model pengembangan 3-D yaitu define(pendefinisian), design(perancangan) dan develop (pengembangan) hal dikarenakan keterbatasan kemampuan. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran semester genap tahun ajaran 2018/2019.Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses uji validasi modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan induktif divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli tampilan. Namun pada proses uji praktikalitas modul pembelajaran berbasis pendekatan induktif diujicobakan kepada 1 orang guru kelas III dan 20 orang siswa kelas III. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan induktif menghasilkan modul pembelajaran yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 94% dan modul pembelajaran juga memenuhi kriteria sangat praktisdengan persentase penilaian sebesar 93%. Maka dapat disimpulkan modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan induktif sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan siswa kelas III dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata kunci : modul pembelajaran, IPS, pendekatan induktif, valid, praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:02
Last Modified: 29 Jan 2021 03:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item