PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD N 20 KURAO PAGANG

Rodhotul, Hasanah and Yusrizal, Yusrizal and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD N 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 Cover.pdf

Download (77kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
103 RODHOTUL HASANAH 1510013411127 Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III di SDN 20 Kurao Pagang, Padang. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikemukakan Fathurrohman (2015). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas III SDN Kurao Pagang Padang yang berjumlah 52 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Conrol Design dan didapatkan kelas III B sebagai kelas Eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata IPS siswa kelas III SDN 20 Kurao Pagang Padang, dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen data awal 66,40 setelah diperlakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi yaitu 73,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol data awalnya adalah 69,04 menjadi 66,25 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh ������ = 2,04 ��� ������ = 1,99 berarti � ����� > ������, maka hipotesis �� diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) siswa kelas III di SDN 20 Kurao Pagang Padang. Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:25
Last Modified: 29 Jan 2021 03:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item