PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADASISWA KELAS III SDN 27 OLO PADANG

Istinganah, Istinganah and Pebriyenni, Pebriyenni and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADASISWA KELAS III SDN 27 OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
102 ISTINGANAH 1510013411125 Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran PKn dengan pendekatanContextual Teaching And Learning pada materi mengenal kekhasan bangsa untuk siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Modul pembelajaran PKndengan pendekatanContextual Teaching And Learning ini dikembangkan dengan menggunakan Three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018-2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas III SDN 27 Olo Padang untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKndengan pendekatanContextual Teaching And Learning pada materi kekhasan bangsa Indonesia untuk siswa kelas III SD ini berada pada kategori valid dengan ratarata persentase kevalidan 83%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 86%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 90%. Pada modul pembelajaran PKndengan pendekatanContextual Teaching And Learninginidiperoleh nilai validasi dari validator sebesar 83% yang termasuk ke dalam kategori valid dan juga peneliti memperoleh nilai praktikalitas yang di dapat dari guru dan siswa. Nilai praktikalitas yang di peroleh dari guru sebesar 86% yang termasuk kedalam kategoripraktis dan nilai praktikalitas yang diperoleh dari siswa sebesar 90% yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Kata Kunci : Modul PKn, Pendekatan Contextual Teaching and Learning,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:58
Last Modified: 03 Feb 2021 02:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2679

Actions (login required)

View Item View Item