PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KURANJI

Nelvia, Sukma and Pebriyenni, Pebriyenni and Daswarman, Daswarman (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 38 KURANJI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 Abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
94 NELVIA SUKMA 1510013411106 Daftar Pustaka.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 38 Kuranji.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 38 Kuranji tahun pelajaran 2018/2019, sampel pada penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol yang cara pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian adalah tes yang berbentuk pilihan ganda dan telah diuji melalui validitas, daya pembeda, indeks kesukaran dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran simulasi sebesar 87,2 dan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah sebesar 75,47 dengan thitung=5,686 dan ttabel =2,002. Karena thitung>ttabel maka hipotesis diterima.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 38 Kuranji. Kata Kunci : Pembelajaran PKn, Metode Simulasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:24
Last Modified: 03 Feb 2021 04:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item