PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 28 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN

YEFI, DWI AGUSTIN and WIRNITA, ESKA and DASWARMAN, DASWARMAN (2021) PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 28 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
92 YEFI DWI AGUSTIN 1510013411101 Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang sangat menarik diajarkan di sekolah dasar. Menurut (Santoso, 2011:5.18) pembelajaran bahasa adalah “proses memberi ransangan belajar berbahasa kepada siswa dalam upaya siswa mencapai kemampuan berbahasa” Oleh sebab itu, berbicara harus segera dikuasai oleh para siswa di Sekolah Dasar (SD) karena keterampilan ini secara langsung berkaitan dengan seluruh proses belajar siswa khususnya pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia,sangat berakitan dengan model dan metode yang tepat diajarkan oleh seorang guru dalam mengajarkan pembelajaran tersebut yang nantinya akan membuat keterampilan berbeicara anak menjadi lebih baik dan juga hasil belajar akan lebih bagus juga.Berdasarkan latar belakang inilah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 28 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen Posttest-Only Control Desain .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 28 Batang Anai Rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen sebesar 89,00 pada kelas kontrol 67,07 dengan taraf uji hipotesis yang didapatkan thitung > ttabel dimana 3.90 > 2,032 dengan demikian hipotesis kerja H1 diterima dan Ho ditolak, yang dibuktikan dengan taraf signifikan (a) = 0,05 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil keterampilan berbicara siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 28 Batang Anai. dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 28 Batang Anai. Kata Kunci : Time Token, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:20
Last Modified: 04 Feb 2021 03:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item