PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 28 PASAR GOMPONG, KAMBANG PESISIR SELATAN

Vanda, Puspita Sari and Yusrizal, Yusrizal and M., Tamrin (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 28 PASAR GOMPONG, KAMBANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 Cover.pdf

Download (71kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 Abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
91 Vanda Puspita Sari 1510013411099 Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang masih menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran, ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw di kelas IV SDN 28 Pasar Gompong, Kambang Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quick On The Draw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 28 Pasar Gompong, Kambang Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 28 Pasar Gompong, Kambang Pesisir Selatan dan kelas sampel yaitu siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu skor hasil belajar IPS yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes akhir pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen 81,03 dan kelas kontrol 75,00 dan berdasarkan analisis uji T diperoleh thitung 2,25 dan ttabel 2,00 ini artinya thitung > ttabel, Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen kelas IV-A SDN 28 Pasar Gompong, Kambang Pesisir Selatan. Kata Kunci: Penelitian Eksperimen, Quick On The Draw, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:25
Last Modified: 04 Feb 2021 03:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item