PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INQUIRI PADA MATERI GAYA KELAS IV SD 15 PARIT PANJANG KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM

Anisa, Rahmi and Siska, Angreni and Rona, Taula Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INQUIRI PADA MATERI GAYA KELAS IV SD 15 PARIT PANJANG KECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
88 ANNISA RAHMI 1510013411090 Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Inquiri untuk siswa kelas IV SD 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modifikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, tahap design, dan development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang dosen kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV SD 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang telah dikembangkan dikategorikan valid oleh validator dengan kriteria 3,43. Dari hasil uji praktikalitas oleh guru modul yang dihasilkan sangat praktis dengan kriteria 90,75% dan dari hasil praktikalitas oleh siswa modul yang dihasilkan sangat praktis dengan kriteria 88%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembalajaran IPA berbasis Inquiri yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul IPA, Pendekatan Inquiri, Valid dan Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:10
Last Modified: 04 Feb 2021 08:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2739

Actions (login required)

View Item View Item