PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) KELAS IV SDN 28 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN

Ernida, Ernida and Pebriyenni, Pebriyenni and Siska, Angreni (2021) PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) KELAS IV SDN 28 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
84 ERNIDA 1510013411083 Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap hasil belajar PPKn siswakelas IV SDN 28 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain”therandomized posstest only control group”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learning, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 28 Batang Anai. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB dan siswa kelas IVC. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar PPKn siswa yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana kelas eksperimen nilai rata-rata 84,67 dan kelas kontrol nilai rata-rata 76,85. Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;52) (3,12> 2,00) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiential Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswakelas IVpadapembelajaranPPKnSD Negeri 28 Batang Anai. Dengan demikian model pembelajaran Experiential Learning diharapkandapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: ModelExperiential Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:41
Last Modified: 04 Feb 2021 08:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item