YEDRANIARTI, YEDRANIARTI (2021) KONTRIBUSI MINAT BACA DAN PENGETAHUAN TATA BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SOLOK SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) COVER.pdf Download (227kB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) BAB V.pdf Download (376kB) |
|
Text
1 YEDRANIARTI (1610018512016) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Solok Selatan, seberapa besar kontribusi pengetahuan tata bahasa Indonesia terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Solok Selatan, dan seberapa besar kontribusi minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Solok Selatan sebanyak 278 siswa dengan sampel 57 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling dari setiap rombel siswa kelas X SMA Negeri 1 Solok Selatan. Data dianalisis dengan regresi sederhana dan regresi ganda untuk mengetahui seberapa besar sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat. Berikut hasil analisis data penelitian ini. Pertama, minat baca memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebesar 79,8% dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka H diterima. Artinya, siswa yang memiliki minat baca lebih terampil pada menulis teks eksposisi. Kedua, pengetahuan tata bahasa Indonesia memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebesar 78,4% dengan signifikan 0,000 < 0,05, maka H diterima. Artinya, siswa memiliki pengetahuan tata bahasa Indonesia lebih terampil pada menulis teks eksposisi. Ketiga, minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebesar 83,5% dengan signifikan X 12 1 sebesar 0,000 < 0,05, maka H diterima Artinya, siswa memiliki minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia lebih terampil pada menulis teks eksposisi. Dapat disimpulkan bahwa minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Dapat disimpulkan bahwa minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Artinya, siswa yang memiliki minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia akan lebih terampil dalam menulis teks eksposisi. Dengan demikian, peserta didik diharapkan untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan tata bahasa Indonesia supaya lebih terampil dalam menulis teks eksposisi. Kata kunci: minat baca, tata bahasa Indonesia, teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Hermanto Hermanto |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 08:58 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 08:58 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2888 |
Actions (login required)
View Item |