PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SDN 34 AIR PACAH

Siti, Fahasa Thoha and Pebriyenni, Pebriyenni and Rona, Taula Sari (2021) PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
82 SITI FAHASA THOHA 1510013411080 Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan karakteristik validitas dan praktikalitas dari modul yang dirancang untuk pembelajaran PKn dengan pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan procedural models yang menggunakan 3D (Three D) models. Prosedur terdiri dari tahap Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Data penelitian dihasilkan berupa validitas dan praktikalitas dari modul pembelajaran PKn dengan pendekatan konstruktivisme. Karakteristik modul yang dihasilkan secara keseluruhan dikategorikan sangat valid yaitu self intruction (belajar mandiri), self contained (serba lengkap), stand alone (berdiri sendiri), adaptif, dan user friendly (bersahabat). Hal ini dibuktikan dari perolehan penilaian materi dengan rata-rata 3,44 dari segi aspek didaktik, konstruksi dan teknis, dari desain diketegorikan sangat valid dengan rata-rata 3,60 dari segi aspek tampilan dan komponen modul, secara keseluruhan modul yang dihasilkan memperoleh ratarata 3,52 diketegorikan sangat valid. Karakteristik modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis yaitu modul memiliki ukuran yang praktis, modul memudahkan guru untuk mengajarkan materi kepada siswa, dan modul siswa untuk memahami materi pelajaran. Hal ini dibuktikan respon oleh guru dengan nilai rata-rata 91% dikategorikan sangat praktis, oleh siswa dengan nilai rata-rata 92% diketegorikan sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme pada pokok pembahasan 4.1 mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran PKn di kelas V SD. Kata kunci: modul, pendekatan konstruktivisme, validitas, praktikalitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:08
Last Modified: 08 Mar 2021 04:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item