PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 34 AIR PACAH

Utari, Utari and Muslim, Muslim and Rona, Taula Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS V SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
80 UTARI 1510013411076 Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
80 UTARI 1510013411076 Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar PKn kelas V SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 34 Air Pacah pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 28 orang siswa dan siswa kelas V-B sebanyak 28 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara Porposive Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata (83,9) dan kelas kontrol nilai rata-rata (71,9). Secara uji statistik harga t-hitung> t-tabel (2,50 >2,055) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar PKn di kelas V SDN 34 Air Pacah. Dengan demikian model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 34 Air Pacah. Kata kunci : Quantum Teaching, hasil belajar PKn, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:41
Last Modified: 08 Mar 2021 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3063

Actions (login required)

View Item View Item