PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SDN 34 AIR PACAH PADANG

Vivi, Arfina and Hendra, Hidayat and Rona, Taula Sari (2021) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
78 VIVI ARFINA 1510013411073 Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA kelas III SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variable terikat adalah hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 34 Air Pacah pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III-A sebanyak 27 orang siswa dan siswa kelas III-B sebanyak 25 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara Porposive Sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata (77,92) dan kelas control nilai rata-rata (62,33). Secara uji statistic harga t-hitung> ttabel(5,52>2,045) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesisH1diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di kelas III SDN 34 Air Pacah. Kata kunci :Quantum Teaching, hasilbelajar IPA, Eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Mar 2021 08:11
Last Modified: 08 Mar 2021 08:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item