PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SDN 34 AIR PACAH PADANG

Rosi, Pratiwi and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 Abstrak.pdf

Download (121kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
76 ROSI PRATIWI 1510013411071 Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA kelas III SDN 34 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara Porposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 34 Air Pacah Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III-A sebanyak 27 orang siswa dan siswa kelas III-B sebanyak 25 orang siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata (80,25) dan kelas kontrol nilai rata-rata (70,64). Secara uji statistik harga t-hitung> t-tabel (3,02 >2,045) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di kelas III SDN 34 Air Pacah Padang. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siawa kelas III. Kata kunci : Project Based Learning, hasil belajar IPA, eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:28
Last Modified: 09 Mar 2021 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item