PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG

Musdalifah, Musdalifah and Syafni, Gustina Sari and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 Abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
73 Musdalifah 1510013411064 Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang berlangsung satu arah yaitu dari guru ke siswa sehingga siswa hanya menerima yang dijelaskan guru kemudian menyalin catatan yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode konvensional di kelas V SD Negeri 34 Air Pacah Kota Padang. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 34 Air Pacah Kota Padang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar Matematika siswa. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 82,03 dan pada kelas kontrol yaitu 67,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 3,14 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 34 Air Pacah yang menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match lebih baik daripada hasil belajar yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Penulis memberikan saran kepada pembaca agar dapat menerapkan model pembelajaran Index Card Match pada proses pembelajaran dengan tahap pelaksanaan yang baik sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. kata kunci : index card match, hasil belajar, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:14
Last Modified: 09 Mar 2021 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3070

Actions (login required)

View Item View Item