PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK KELAS III SD NEGERI 11 LUBUK JANTAN

Agnes, Eka Septia Rini and Hendra, Hidayat and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN DEDUKTIF UNTUK KELAS III SD NEGERI 11 LUBUK JANTAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 Cover.pdf

Download (128kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 Abstrak.pdf

Download (131kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
70 AGNES EKA SEPTIA RINI 1510013411060 Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul serta mendeskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran IPA dengan pendekatan deduktif pada materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat kelas III SDN 11 Lubuk Jantan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 3-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh dua dosen ahli dan uji coba modul oleh siswa SDN 11 Lubuk Jantan untuk mengetahui praktikalitas modul pembelajaran. Data penelitian didapat bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatan deduktif pada materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat untuk kelas III SDN 11 Lubuk Jantan ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 3,6. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis dengan pengisian angket oleh guru dengan persentase 91%, dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan pengisian angket oleh siswa dengan persentase kepraktisan 91%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatan deduktif pada materi membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas III SDN 11 Lubuk Jantan. Kata Kunci : modul, deduktif, valid, praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:46
Last Modified: 09 Mar 2021 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item