PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINTIFIKPADA MATERI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS V SDN 20 KALUMBUK PADANG

Lidya, Andri Yeni and Erman, Har and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINTIFIKPADA MATERI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS V SDN 20 KALUMBUK PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
68 LIDYA ANDRI YENI 1510013411054 Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanmodul pembelajaran IPA berbasisSaintifikpada materi adaptasidirihewandenganlingkungannya untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development(penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA dengan BerbasisSaintifik ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian angket validasi produk oleh pakar dan angket kepraktisan yaitu oleh guru dan siswa. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 20 Kalumbuk untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatanSaintifik pada materi adaptasidirihewandenganlingkungannya untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 85%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 93,9%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 91,05%. Pembelajaranmenggunakanmodul yang telahdikembangkandinyatakanpraktisdenganketutasanklasikal 100%.selain memperoleh kevalid dan juga praktikalitas terhadap modul IPA dengan pendekatan saintifik. katakunci :modul ipa, pendekatansaintifik,adaptasi makhluk hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:36
Last Modified: 09 Mar 2021 08:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item