PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG

Atika, Mandela and Wirnita, Eska and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
64 ATIKA MANDELA 1510013411049 Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri 16 Surau Gadang Padang tahun pelajaran 2018/2019, sampel pada penelitian ini yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol yang cara pengambilan sampelnya menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay. Instrumen penelitian adalah instrumen tes dan instrumen perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ratarata tes akhir kelas eksperimen yaitu 78,5, sedangkan kelas kontrol yaitu 70,2. Hasil analisis pada taraf nyata � = 0,05 menunjukan bahwa nilai thitung = 2,24 dan ttabel = 2,00. Sehingga didapat thitung > ttabel berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Kata kunci : model picture and picture, hasil belajar, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:03
Last Modified: 10 Mar 2021 03:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3079

Actions (login required)

View Item View Item