PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SDN 16 SURAU GADANG

Afrianita, Afrianita and Pebriyenni, Pebriyenni and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SDN 16 SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 Abstrak.pdf

Download (103kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
63 AFRIANITA 1510013411048 Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Think Pair and Share terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn di SDN 16 Surau Gadang, Siteba. Populasi penelitian yaitu siswa kelas III SDN 16 Surau Gadang Siteba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix method dengan model pembelajaran Think Pair and Share dengan populasi seluruh siswa kelas III SDN 16 Surau Gadang Siteba tahun pelajaran 2018/2019, sampel pada penelitian ini yaitu kelas III B sebagai kelas eksperimen dan kelas III A sebagai kelas kontrol yang cara pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t karena data berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata presentase aktivitas siswa dengan menggunakan model Think Pair and Share sebesar 47,79% maka tidak terdapat pengaruh pada aktivitas belajar PKn siswa kelas III di SDN 16 Surau Gadang Siteba. Rata-rata hasil tes akhir siswa pada kelas eksperimen 82,86 sedangkan kelas kontrol 80,4. Hasil analisis pada taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukan bahwa nilai thitung = 6,16 dan ttabel = 1,68 Sehingga didapat thitung> ttabel berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulakan bahwa model pembelajaran Think Pair and Share berpengaruh terhadap hasil belajar PKn di SD N 16 Surau Gadang Siteba. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Think Pair and Share

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:19
Last Modified: 10 Mar 2021 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item