PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT–SIFAT BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS V SDN 17 GUNUNG PANGILUN PADANG

Retno, Mundasari and Niniwati, Niniwati and Muhammad, Sahnan (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT–SIFAT BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS V SDN 17 GUNUNG PANGILUN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 Cover.pdf

Download (92kB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
60 RETNO MUNDASARI 1510013411041 Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan buku di perpustakaan sekolah yang membuat siswa kesulitan dalam mendapatkan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat bangun datar untuk siswa kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan pada modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian antara lain, lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket guru dan siswa). Pada proses validasi, rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang ahli/pakar dibidangnya kemudian diuji coba secara terbatas pada kelas V SDN 17 Gunung Pangilun. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan kepada guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat bangun datar untuk siswa kelas V SD yang dihasilkan memenuhi kriteria valid oleh validator dengan nilai rata-rata persentase 83,46% dari segi kelayakan isi, komponen kebahasaan dan komponen teknis. Modul yang dihasilkan memenuhi kriteria praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata persentase keduanya adalah 89,69%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat bangun datar untuk siswa kelas V SD yang dihasilkan adalah valid dan praktis. Kata kunci: Modul matematika, Contextual Teaching and Learning, Sifat-sifat bangun datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:59
Last Modified: 10 Mar 2021 03:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item