Antoni, Sastra Efendi and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGUNTUKSISWA KELAS IV DISDNEGERI 27 OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 Cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
||
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
|
Text
58 ANTONI SASTRA EFENDI 1510013411032 Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya ketersediaan modul pembelajaran IPS berbasis ContextualTeaching and Learning(CTL)untuk siswa kelas IVSD yang valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development(penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dikembangkan dengan menggunakan 3- D models (define, design, and develop) yang di modifikasi dari 4-D models (define, design,develop and disseminate). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicoba di kelas IV SDN 27 Olo Padang untuk mengetahui praktikalitasmodul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)untuk siswa kelas IV SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 96%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktisdengan rata-rata presentase kepraktisandari respon guru dan siswa yaitu 95%. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasisContextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan baik oleh guru maupun siswa dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning, Valid, dan Praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 04:26 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 04:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
View Item |