PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA DI KELAS III SDNEGERI01 KOTO MERAPAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Three, Wahyumai Harsi and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA DI KELAS III SDNEGERI01 KOTO MERAPAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
56 THREE WAHYUMAI HARSI 1510013411029 Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terlihat dari nilai ulangan harian siswa pada pembelajaran IPS.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas III SDN 01 Koto Merapak Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas III SDNegeri01 Koto Merapak Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 38 siswa. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik acak atau Random Sampling, ditetapkan kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan kelas III-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Pada hasil tes akhir menunjukkan nilai rata-rata IPS siswa kelas III, 78untuk kelas eksperimen dan 69 untuk kelas kontrol. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperoleh thitung = 2,06 dan ttabel= 2,02 , dengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 01 Koto Merapak. Kata kunci: Scramble, IPS, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 01:43
Last Modified: 12 Mar 2021 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item