ENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 18 TIMBULUN PESISIR SELATAN

Rara, Busta Putri and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2021) ENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 18 TIMBULUN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 Abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
54 RARA BUSTA PUTRI 1510013411025 Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen “Experimental research “. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas V SD Negeri 18 Timbulun pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 40 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling, sehingga seluruh siswa dari kedua kelas dapat dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 20 siswa dan siswa kelas VB sebanyak 20 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh media visual sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,0 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata 69,5. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel dimana 2,56 > 1,707 ) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 18 Timbulun Pesisir Selatan. Kata Kunci : Media Visual, Hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:16
Last Modified: 12 Mar 2021 02:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item