PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 01 KOTO MERAPAK PESISIR SELATAN

Della, Meidi Hasanah and Pebriyenni, Pebriyenni and Yulfia, Nora (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 01 KOTO MERAPAK PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 Abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
51 DELLA MEIDI HASANAH 1510013411021 Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 01 Koto Merapak Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VSDN 01 Koto Merapak yang berjumlah 46 siswa. Dalam penelitian ini penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random sampling sehingga kelas VA terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VB terpilih sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dimana kelas eksperimen nilai rata-rata 76,4 dan kelas kontrol nilai rata-rata 65,2. Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;44) (3,29> 2,016) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS SDN 01 Koto Merapak Pesisir Selatan. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Head Together diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:36
Last Modified: 12 Mar 2021 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3092

Actions (login required)

View Item View Item