PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DEDUKTIF UNTUKSISWA KELAS IVSDN08 SUPAYANG KABUPATEN SOLOK

Randa, Fadhli and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DEDUKTIF UNTUKSISWA KELAS IVSDN08 SUPAYANG KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 Cover.pdf

Download (86kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
46 RANDA FADHLI 1510013411012 Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Pendekatan deduktif untuk siswa kelas IV SD Negeri 08 Supayang Kabupaten Solok yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian Pengembangan). Modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Pendekatan deduktifini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester genap Tahun Ajaran 2018 / 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 08 Supayang untuk mengetahui praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Pendekatan deduktif pada siswa kelas IV SD ini berada pada kategori praktis dengan rata-rata persentase kepraktisan89,52 oleh siswa.Hasil validasi oleh dua orang ahli diperoleh nilai sebesar 99,25yang termasuk ke dalam kategori sangat valid dan dari uji nilai praktikalitas dari guru sebesar 89,7 yang termasuk kedalam kategori praktis.Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas, modul ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : modul pembelajaran IPS, berbasisdeduktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 08:03
Last Modified: 12 Mar 2021 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3097

Actions (login required)

View Item View Item