PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN TWO STAY TWO STRAY DALAM BELAJAR IPA KELAS V SDN 03 PANCUNG SOAL

Tanoto, Tameda and Hendra, Hidayat and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJAN TWO STAY TWO STRAY DALAM BELAJAR IPA KELAS V SDN 03 PANCUNG SOAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
41 TANOTO TAMEDA 1410013411056 Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran two stay two stray dalam belajar mata pelajaran IPA kelas V SDN 03 Pancung Soal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian experimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model pembelajaran two stay two stray dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 03 Pancung Soal pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 24 orang siswa dan siswa kelas VB sebanyak 24 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajarIPA siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan hasil penilaian pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar dikelas V A yaitu kelas experimen didapatkan rata-rata nilai skor77,67. Sedangkan pada kelas V B yaitu kelas kontrol rata-rata nilai skor 58,33. Di lihat pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukan thitung>ttabel ,dengan nilai thitung6,19 dan nilaittabel 1,71 pada taraf nyata signifikan 0,95, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa menggunakan model two stay two stray, dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunkan metode pembelajaran konvesional dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray, dengan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas V SDN 03 Pancung Soal. Kata Kunci :two stay two stray, hasil helajar,IPA. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:33
Last Modified: 16 Mar 2021 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item