PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SDN 10 SUNGAI SAPIAH PADANG

Rio, Arby Prayoga and Muhammad, Sahnan and Wince, Hendri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SDN 10 SUNGAI SAPIAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 Abstrak.pdf

Download (303kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
40 RIO ARBY PRAYOGA 1410013411013 Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV di SDN 10 Sungai Sapiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester I di SDN 10 Sungai Sapiah Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive, berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar maka ditetapkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil jawaban soal yang diberikan kepada siswa dapat diketahui bahwa jumlah skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,62, sedangkan nilai rata-rata kelaskontrol sebesar 66,25. Dengan taraf uji statistik (a= 0,05) diperolehthitung = 4,036 danttabel= 2,06 ataudengan kata lain thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu mempengaruhi hasil belajar siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu pokok permasalahan dan menemukan suatu konsep secara langsung dari hasil diskusi kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan materi daur hidup hewan dapat mempengaruhi hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapiah, juga model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci :pembelajarankooperatiftipe jigsaw, hasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:43
Last Modified: 16 Mar 2021 07:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item