PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 24 JATI GAUNG PADANG

Widya, Afrian Ningsih and Wirnita, Eska and Hendra, Hidayat (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 24 JATI GAUNG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 Cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
39 WIDYA AFRIAN NINGSIH 1310013411184 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Jigsaw terhadap hasil keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa di SDN 24 Jati Gaung Padang pada tauhun pelajaran 2018/2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar dan pembelajaran yang dikemukakan oleh Pribadi (2009:9). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V SDN 24 Jati Gaung Padang dengan jumlah 39 orang siswa yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu kelas Va dan Vb. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jigsaw . Disini peneliti menggunakan media pembelajaran teknik mengumpulkan data dengan cara: (1) menentukan unsur-unsur menyimak,(2) mengamati siswa untuk menentukan 5 unsur dari cerita, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara: (1) membacakan hasil pembelajaran kepada siswa, (2) menganalisis data, (3) mengamati semua kemampuan siswa, (4) menguraikan analisis data, (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang diberikan perlakuan dengan model jigsaw dibandingkan dengan metode konvensional thitung > ttabel dimana 4,834 > 2,068.Dengan nilai rata-rata 89,00 pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol dengan rata-rata 71,95. Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia . Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Jigsaw terhadap hasil keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 24 Jati Gaung Padang. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Jigsaw , Hasil Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:03
Last Modified: 16 Mar 2021 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3133

Actions (login required)

View Item View Item