Wisno, Saogo and Gusmaweti, Gusmaweti and Siska, Angreni (2021) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STADKELAS IV SDN 22 MAKALO KECAMATAN PAGAI SELATANKABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 Cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
|
Text
36 WISNO SAOGO 1210013411210 Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN 22 Makalo Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018 di SDN 22 Makalo. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 22 Makalo yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 3 pertemuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan persentase peningkatan hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 65.73%, meningkat pada siklus II yaitu 82.4%. Hasil penilaian aktivitas kegiatan siswa dalam bertanya pada siklus I yaitu 58.33% Meningkat pada siklus II menjadi yaitu 77.77% dan aktivitas siswa dalam diskusi kelompok siklus I yaitu 69.44% meningkat pada siklus II yaitu 80.55% dan aktivitas dalam mengerjakan tugas pada siklus I yaitu 69.44% meningkat pada siklus II yaitu 88.88%. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata yaitu 63.33% dengan ketuntasan 9 orang. Meningkat pada siklus II 77.22% dengan ketuntasan 14 orang . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 22 Makalo Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kata kunci : Aktivitas , Hasil Belajar IPA, Model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 02:04 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 02:04 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3136 |
Actions (login required)
View Item |