PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 17 SAPAN KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN

Zikru, Robby and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2021) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 17 SAPAN KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 Abstrak.pdf

Download (150kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
34 ZIKRU ROBBY 1210013411002 Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Bassed Learning di SDN 17 Sapan. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif (aspek pengetahuan) siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Bassed Learning di SDN 17 Sapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 17 Sapan. Data penelitian ini berupa data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi minat siswa dan tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata minat belajar siswa kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning di SDN 17 Sapan Batang Kapas siklus I sebesar 60% meningkat pada siklus II menjadi 92,81%. 2) Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 75,25 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85. Dapat disimpulkan palajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 17 Sapan Batang Kapas. Dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Kata Kunci: Minat belajar, Hasil Belajar IPA, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:35
Last Modified: 17 Mar 2021 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3142

Actions (login required)

View Item View Item