PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARETERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA KELAS VI SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

Dona, Risnawati and Yusrizal, Yusrizal and Arlina, Yuza (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKPAIR SHARETERHADAP HASIL BELAJARIPS SISWA KELAS VI SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 Cover.pdf

Download (75kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 Abstrak.pdf

Download (101kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
32 DONA RISNAWATI 1010013411063 Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe think pair shareterhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 29 Ulak Karang Utara pada pembelajaran IPS.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 29UlakKarang Utara yang berjumlah 59 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIB dan VIC. Teknik pengambilan yang digunakan yaitu randomsamplingdengan kelas VI C sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol.Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPS siswa. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji statistik. Hasil penelitian pada tes hasil belajar IPS siswa menunjukkan ratarata skor hasil belajar IPSpada kelas eksperimen yaitu sebesar 81,8 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 66 dan pada kelas kontrol yaitu 75,05 dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 60. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan signifikan sebesar 0,021 yang artinya bahwa nilai signifikan t-tes lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran tipe think pair share. Kata Kunci: tipe think pair share, hasilbelajar,IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:08
Last Modified: 17 Mar 2021 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item