PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 KAMPUNG BARU KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN

Nurhafiza, Nurhafiza (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 19 KAMPUNG BARU KECAMATAN BATANG KAPAS KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (178kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (49kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersedian buku cetak mata pelajaran atau sumber belajar di sekolah. Tujuan penelitian mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik bagi siswa kelas IV SD Negeri 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yaitu agar tercapainya tujuan pendidikan secara efisien, efektif dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto (2009) dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), development (pengembangan) dan desseminate (penyebaran), karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SD, dan untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SD N 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,23%) baik dari aspek kelayakan isi (90%), aspek penyajian dan tampilan (87,70%), dan aspek bahasa (96%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase 95%. Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (98,2%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada tema 6 bagi siswa kelas IV SD Negeri 19 Kampung Baru Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan yang dihasilkan sangat valid. Sudah efektif, dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul, Pengembangan, Saintifik, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:35
Last Modified: 27 Apr 2021 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item