PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA, KELAS V DI UPT SDN 07 SILAUT

Ummul, Khaira (2021) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA, KELAS V DI UPT SDN 07 SILAUT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (532kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (680kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (14MB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan model project based learning, kelas V di UPT SDN 07 Silaut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keadaan pandemi covid-19. Penelitian dilakukan pada semester 2 tahun ajaran 2020/2021 dengan materi pengumpulan dan penyajian data. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh satu orang ahli didaktik, isi dan tampilan dan satu orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD diuji coba kepada 1 orang guru dan 20 orang siswa. Pada tahap validasi LKPD dengan model project based learning memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata 80,26% dengan rincian pada aspek didaktik, isi dan tampilan 78.33% dan aspek bahasa 87,5%. Pada tahap praktikalitas, LKPD dengan model project based learning termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata presentase 89,78% dengan rincian angket respon guru 90,62% dan angket respon peserta didik 88,59%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan model pembelajaran project based learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas V di Sekolah Dasar. Kata kunci : Pengembangan, LKPD, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:20
Last Modified: 27 Apr 2021 03:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item