Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sijunjung

ELI, SOVIA (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sijunjung. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (110kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (19kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (245kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (841kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SMPN 2 Sijunjung. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Sumardjo (2011) tentang cerpen, Sardiman (2014) tentang motivasi belajar, dan Trianto (2013) tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain faktorial (factorial design) 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung yang berjumlah 86 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan jjumlah siswa 28 siswa di kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas VIII 3 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua intrumen, yakni angket motivasi belajar dan tes unjuk kerja keterampilan menulis cerpen. Hasil analisis data menunjukkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis cerpen siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Sijunjung yang terbukti nilai statistic sig 0,001 <0,05. Kedua, Kemampuan menulis cerpen siswa bermotivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih tinggi daripada kemampuan siswa yang bermotivasi belajar tinggi yan dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Sijunjung yang terbukti dengan hasil statistic sig 0,005 < 0,05. Ketiga, Kemampuan menulis cerpen siswa bermotivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih tingi daripada kemampuan siswa bermotivasi rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 2 Sijunjung yang terbukti dengan hasil statistic sig 0,012 <0,05. Keempat, Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif TPS dengan motivasi bealajr siswa dalam pembelajaran menulis cerpen siswa yang terbukti dengan hasil statistic sig 0,514 > 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung, walaupun tidak berinteraksi atara model pembelajaran TPS dengan motivasi belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, motivasi belajar, keterampilan menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:04
Last Modified: 27 Apr 2021 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item