Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 32 Padang

Syafri, Anggel Putra. (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 32 Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (294kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (115kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Al Azhar 32 Padang tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 2 kelas (47 siswa). Semua populasi di kelas IV menjadi subyek penelitian berjumlah 119 orang. Instrumen untuk pengambilan data dengan angket dan tes. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan korelasi biserial. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach, dengan koefisien reliabilitas angket sebesar 0,748. Uji Prasyarat Normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan rumus One-Way Anova. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample t-test dengan bantuan komputer program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa yang menggunakan media Audio Visual lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual. Uji ditunjukkan oleh hasil uji-t pada data angket y a n g me n g u k u r perlakuan yang memperoleh t hit = 4,470 lebih besar dari t tabel = 4,444 dan p = 0,000; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media Audio Visual lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada nilai posttest yang memperoleh t hit = 3,503 lebih besar dari t tabel = 3,498 dan p = 0,001. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Audio Visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:32
Last Modified: 27 Apr 2021 07:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item View Item