engembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Berbasis Multimedia Audiovisual Siswa Kelas VII MTsS Shine Al - Falah

Wirda, Ningsih Mulia. (2021) engembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Berbasis Multimedia Audiovisual Siswa Kelas VII MTsS Shine Al - Falah. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (404kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (144kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (623kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian: (1) menjelaskan prosedur pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur berbasis audiovisual siswa kelas VII MTsS Shine Al – Falah; (2) menghasilkan validitas, praktikalitas dan efektivitas pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur berbasis audiovisual. Model penelitian ini menggunakan (Research and Development) oleh Borg & Gall, dan prosedur pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis multimedia Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS Shine Al – Falah tahun ajaran 2020 / 2021 sebanyak 2 kelas (31 siswa). Semua populasi di atas menjadi subjek penelitian dengan pertimbangan jumlah populasi 50 orang, sehingga memungkinkan dilakukan penelitian populasi. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas Bahan ajar berbasis multimedia dinyatakan sangat valid pada aspek kelayakan isi, aspek bahasa, aspek penyajian dan aspek kegrhafikkan (2) Praktikalitas Bahan ajar berbasis multimedia berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis pada kemudahan bahan ajar berbasis multimedia digunakan dan kegunaan waktu (3) Efektivitas Bahan ajar berbasis multimedia dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada aktifnya siswa disaat menyimak dan memperhatikan guru tentang cara penggunaan bahan ajar berbasis, menjawab pertanyaan guru, berdiskusi dengan guru dan teman dalam menentukan / memperdalamkan konsep materi menulis teks prosedur, mengemukakan pendapat terkait teks prosedur dan membuat latihan yang mendukung materi menulis teks prosedur . Berdasarkan temuan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar berbasis multimedia dikategorikan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar , Menulis Teks Prosedur, Multimedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 07:34
Last Modified: 27 Apr 2021 07:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item