IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus: Usaha XXX Bakery)

Wildan, Kurniawan and Dessi, Mufti (2021) IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENILAIAN KINERJA TERHADAP USAHA KECIL MENENGAH (Studi Kasus: Usaha XXX Bakery). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (338kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) XXX Bakery tidak terlepas dari persaingan yang semakin kompetitif. Supaya perusahaan dapat memenangkan persaingan, diperlukan sebuah strategi- strategi agar produknya mampu bersaing. Dalam pelaksanaannya Usaha XXX Bakery diperlukan pengukuran kinerja perusahaan. Metode yang digunakan adalah Balanced Scorecard. Metode ini dilakukan dengan menerjemahkan visi dan misi untuk mengukur kinerja perusahaan.. Dalam penelitian ini dapat diindentifikasikan beberapa indikator pengukuran hasil pada masing-masing perspektif yaitu perspektif keuangan dengan 5 indikator (peningkatan pendapatan, peningkatan profit, ROI, NPM dan biaya terhadap pendapatan) dengan hasil rata-rata persentase pencapaian 18.56% yang berarti kinerja Usaha XXX Bakery pada perspektif keuangan dikatakan sangat tidak baik, perspektif pelanggan dengan 1 indikator (kepusan pelanggan) dengan pencapaian hasil dengan rata-rata kepuasan 3.68 yang berarti kinerja perusahaan pada perspektif pelanggan dikatakan cukup baik, perspektif proses bisnis internal dengan 2 indikator (proses inovasi dan proses operasi) dengan pencapaian hasil yaitu 7 inovasi dengan hasil skor 5 yang berarti kinerja perusahaan pada bisnis internal yaitu sangat baik, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan 3 indikator (retensi karyawan, produktifitas pekerja dan kepuasan karyawan) dengan pencapaian hasil 85.85% yang berarti kinerja perusahaan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dikatakan baik. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, UKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 10 May 2021 07:05
Last Modified: 10 May 2021 07:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item